Release MailBox User di Exchange 2010

Hari ini... Selepas makan siang langsung di kabari oleh salah satu team IT kalo Email Client Outlook selalu Disconnect dan ini di alami oleh hampir semua user..., wedeh... langsung mikir "ini pasti problem server !"

Langsung Remote Server Exchange, dan croscek semua tampak berjalan dengan normal, namun ketika cek event viewer dan partisi hardisk ada sedikit keanehan..., partisi untuk LOG Exchange terpakai 100%.



dari hasil analisa event vewer kelihatan jelas kalo Mail Box salah satu user telah mencapai batas yang di tentukan dan generate Log terus menerus.

Dan ketika croscek di folder Log Mailbox, ada sekitar 150.000 file .txt dengan ukuran masing masing 1 M, jadi total yang tergenerate karena problem ini adalah sekitar 150 Giga. Buesar banget untuk ukuran sebuah log dan ini menyebabkan Exchange Server Trouble.

Setelah mengetahui kalo partisi untuk Log Mailbox penuh, saya coba hapus manual file file titipan / file file yang nggak kepakai dan di taruh di situ..., setelah menghapus beberapa file dan hardisk ada sisa space 20 Giga..., Exchange kembali normal kembali, tapi nggak berapa lama lagi Server Exchange Ngadat !!!  dan saya lihat Log sudah mencapai 170 Giga. Wuidih cepet banget...

Kemudian saya coba resize Mail Box user yang ada di warning dengan kapasitas 2x dari kapasitas quota saat ini, hasilnya... generate Log berhenti..., tapi user tsb tidak bisa akses email baik melalui Outklook atau Owa.

Kemudian saya cek melalui command line :
[PS] H:\>Get-MailboxStatistics -identity fukkin | fl

 



Dari hasil command line di atas terlihat kalo Mail Box user ini kena Quarantine...,

Untuk melepaskan MailBox user dari Quarantine Exchange 2010, mau nggak mau kita harus melalui registri editor..., nggak bisa melalui tool bawaan exchange 2010 atau command line.

 



 

Yang saya kasih warna kuning yang saya hapus...



Setelah folder 1161f931-af8a-45b4-8f5c-d1afb4754ee7 di hapus, maka restart service Exchange



Setelah di restart... cek kembali mailbox sudah terlepas dari quarantine belum.



 

Setelah di lakukan perintah perintah di atas..., akhirnya mailbox user yang terquarantine bisa di keluarkan... dan user sudah kembali bisa akses email.

 

Komentar