Overheat ! Keringat Bercucuran saat perjalanan ke Jakarta

Mobil di rumah tidak pernah saya pakai, memakai mobil kadang sebulan sekali pun belum tentu, paling cuma manasin doang 2 minggu sekali, itupun kalo sempat. Nah... Kemarin bersama si kecil melakukan perjalanan ke jakarta, perjalanan sedikit kurang lancar karena ada beberapa gangguan di mobil, padahal mobil kemarin kemarin normal tidak ada masalah sama sekali. Berikut gangguan yang tidak mengenakkan kemarin :

Pertama, klakson nggak bunyi dan hal ini baru saya sadari ketika mencoba klakson mobil di depan, ketika di tekan tombol klakson nggak ada suara sama sekali, kejadian ini sedikit membuat saya was was dan untuk jaga jaga akhirnya saya menggunakan alarm lock mobil untuk klakson darurat. Untuk klakson darurat ini saya kerjasama dengan si kecil, jadi kalo saya bilang "bel", maka si kecil akan menekan tombol alarm di remote kunci, dan alhamdulillah ini sedikit menolong. Untuk bunyi klason darurat ini bunyinya "uing uing uing..."

Kedua, di tol cibubur tiba-tiba mobil mengalami Overheat, padahal kemarin jalan dengan kecepatan normal, sekitar 80km/jam. Namun indicator Overheat sudah berkedip, langsung saya perlambat mobil menjadi 60km/jam dan menjaga rpm mobil di bawah 2000, setelah beberapa saat kemudian indicator Overheat sudah tidak menyala lagi.  Sesampai di daerah Cawang, indicator overheat mobil berkedip lagi, saya langsung menepi cek cek air radioator, kipas dll. namun semua nampak normal (menurut saya..., nggak tahu kalo pendapat montir ya...). sambil menepi dan mendinginkan mesin mobil, saya browsing browsing terkait masalah overheat ini, dan ada yang memberikan saran untuk matikan AC ketika terjadi Overheat, agar beban kerja mobil nggak terlalu berat. Setelah sekitar 20 menit berhenti, akhirnya perjalanan di lanjutkan dengan tetap menjaga kecepatan mobil di 40km/jam dengan rpm mobil di bawah 2000 dan mematikan AC mobil. Alhamadulillah sampai tujuan, indicator mobil tidak menunjukkan Overhaeting, namun saya dan si kecil sangat sangat overheat, keringat Bercucuran, karena kemarin di jalanan Jakarta cukup panas dan AC terpaksa harus di matikan. keringat Bercucuran bukan karena panas saja..., tapi karena dag dig dug nya kalo mobil kenapa kenapa di tengah jalan.

Hari ini rencananya mau ke bengkel, mau cek kondisi mobil. Mudah mudahan tidak terjadi masalah serius.

Update 1 April 2018

Jadi kemarin mobil akhirnya nginep bengkel, karena ada beberapa hal yang harus di croscek penyebab overheat dan klakson nggak bunyi, kemarin sempet di kasih kabar ama mekanik nya..., ada kemungkinan kabel fleksibel nya kena... dan untuk harga kompletnya sekitar 1,6 jt, tapi kalo mau ganti fleksibelnya aja sekitar 400rb. Karena nggak mau ribet..., saya okein saja yang penting mobil beres dan problem overheat dan klakson bisa selesai.

Pagi tadi sekitar pukul 8.30 telp berbunyi dan saya lihat telp dari bengkel mobil, dalam hati "wah pasti ada sparepart ada yang harus ganti nih..., pagi pagi sudah dapat telp dari bengkel". setelah ngobrol beberapa saat ternyata mobil sudah bisa di bawa pulang pagi ini dan problem sudah ketemu.

Untuk biaya service kali ini nggak terlalu banyakl seperti yang saya banyangkan sebelumnya, service cuma kena biaya 308.000-

Setelah di service kali ini.. Mudah mudahan mobil sudah nggak overheat lagi kalo di bawa perjalanan jauh...

Komentar