SMS Gateway berbasis Cloud

Saat ini di indonesia sudah mulai menjamur layanan SMS Gateway berbasis Cloud dan harganya sudah mulai terjangkau untuk kebutuhan sender (mengirim replay ke klient), hal ini sangat memudahkan dan membantu saya sebagai pemilik server pulsa elektrik.

Dengan adanya layanan SMS Gateway berbasis Cloud, saya tidak perlu manage banyak modem GSM dan Simcard untuk keperluan Sender. Saya tinggal bayar dan menghubungkan API yang di berikan oleh penyedia jawa SMS Gateway, dan setelah setup selesai, sender melalui SMS Gateway  langsung bisa di gunakan.

Sebelum menggunakan layanan SMS Gateway berbasis Cloud, ada beberapa hal rutin yang harus saya lakukan :

  • Setiap beberapa hari sekali saya harus isi pulsa setiap SIMcard yang di gunakan untuk sender.

  • Setiap pagi saya haru menjalankan USSD command (untuk mendapatkan paket SMS murah provider) di setiap Modem yang ada SIMcard untuk sender, karena kalo nggak mendapatkan SMS murah untuk sender, maka bisnis server pulsa akan bangkrut, karena keuntungan server pulsa sangat tipis untuk setiap transaksinya.

  • Modem GSM untuk kebutuhan sender kadang bengong, sehingga saya harus rutin untuk mengeceknya, karena kalo modem lagi bengong, maka SMS replay transaksi tidak akan terkirim ke member yang sedang melakukan transaksi pulsa / pln. Untuk transaksi PLN sms sender sangat penting sekali, karena token PLN di kirimkan melalui SMS Sender.


Nah..., selain menghilangkan beberapa hal di atas..., dengan menggunakan SMS gateway berbasis Cloud, sekarang kerja modem di server pulsa saya lebih ringan, karena sekarang cuma di fungsikan sebagai SMS Center (nerima sms transaksi dari member).

Dengan adanya perubahan dari On Premise ke SMS Gateway berbasis Cloud, ada sedikit perubahan yang akan di rasakan, member akan menerima SMS replay dari no hp yang berbeda beda, tapi menurut saya itu tidak ada masalah, yang penting untuk no SMS Center nya tidak berubah.

Komentar