Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2006

TV Tuner baru...

Wah enaknya punya TV dikosan... (Itu sih bayangan minggu kemarin...!), Sabtu pagi... setelah nyuci Q langsung cabut ke gramedia buat ngisi waktu. Setelah sampe sono Q langsung baca - baca buku komputer, tapi secara gak sadar telinga kiri denger tentang musibah gempa bumi di Jogya. langsung aja deh... buku aku tutup en deketin TV untuk dengerin lebih lanjut tentang musibah gempa yang terjadi. Tapi akhirnya Q sadar bahwa aku udah lama banget berdiri di depan TV milik gramedia, karena Q masih penasaran tentang musibah gempa yang terjadi, aku gak langsung pulang, perjalanan langsung aku arahkan ke Glodok. Sampe sana aku langsung lihat-lihat TV, tapi dalam pikiran " Gimana bawanya ke kontrakan ya...?", selang beberapa menit aku nuju ke toko komputer, disana aku temukan deh TV Tuner yang ideal buat Laptopku. TV tunernya mungil banget en tanpa menggunakan power supply, jadi power supply nya langsung di suplai melalui kabel USB. .."..Blogging : My Activity.."..

JJS ama rafid san, ikrar san en putu san.

Gambar
Sehabis sholat subuh, Q tidak melakukan aktivitas kecuali tidur pulas sampai sekitar jam 9 WIB. Masih dalam keadaan setengah tidur, tiba tiba terdengar suara sendal di luar pintu kamar " cletok...cletok...cletok..." en tidak berselang lama muncul wajah polos sedang mengintip di balik jendela, dan terucap dari bibir tipis nya "Om...Om..., ki...ki ...(sambil cekikian), Om...Om... bangun donk. Langsung secepat kilat aku bangun en sambil berkata "Oh kamu den..., masuk donk jangan di depan jendela". Setelah denis masuk aku langsung nyalakan laptop en main game air strike, tidak lama kemudian aku inget ajakan putu san buat beli tape recorder. Dasar aku maniak elektronik..., kemarin waktu diajak beli tape recorder langsung aku iyakan, padahal aku paling males kalo di ajak jalan - jalan selain ama yayangku. Setelah inget kalo aku punya janji ama putusan langsung deh aku ambil HP kesayanganku SIEMENS M 55 (HP yang penuh kenangan, En gak mungkin aku ganti he.. he.. he..)

Topeng...

Didalam situasi normal, manusia cenderung memakai topeng, dan manusia memakai topeng bukan saja untuk menutupi kekurangannya, tetapi juga untuk menjaga agar orang lain tidak ikut hanyut di dalam kesedihan pribadinya. Ada sosok – sosok tertentu yang berpendirian masalah pribadi yang menyakitkan dan menyedihkan sebaiknya hanya di ketahui oleh dirinya sendiri, tidak diberikan ke orang lain. Baiklah orang lain mengangap kita bahagia walaupun sebenernya hatinya tercabik – cabik. Untuk itulah topeng seorang pelawak di kenakan walaupun sebuah prahara tragedy sedang menghantam. .."..Blogging : My Activity.."..

jenis-jenis jomblo...

Ini ada forwad dari temen tentang kriteria jenis jomblo katanya : Jomblo Sejati - Jomblo yang satu ini murni belum pernah pacaran , belum mengerti tentang cinta , fokus pikirannya hanya belajar dan belum pernah naksir siapa siapa .Ciri-cirinya : Kacamata tebal , penampilan tidak terjaga , fashion berantakan dan sering keliatan korek upil didepan umum .Jomblo Sniper - Jomblo yang ini belum pernah pacaran tetapi sudah ada yang sejak lama ditaksirnya hanya saja blom berani nembak sampe sekarang .Ciri-cirinya : Sering tidak keliatan di tempat umum karena kurang PD dan nyali , sering mangkal ditempat tempat sepi , kadang membawa teropong untuk mengintai dan terlihat membawa banyak karet gelang untuk nembak cicak didinding . Jomblo Negatif - Yang satu ini baru jadi jomblo setelah dipecat (dibaca:ditinggal/diputusin) oleh pacarnya dan berada dalam suasana sedih , desprated , dikecewakan , tidak bisa terima kenyataan dan membenci yang namanya cinta . Ciri-cirinya : Gampang sirik , sering kesel

Foto habis wisuda nih...

Gambar
Ini foto diambil ama topek nih..., bakat juga sepertinya anak ini jadi kamerawan. Ternyata warna pink bersanding ama warna hitam serasi juga ya... Say..., makasih ya, udah nemani aku wisuda en ngurusi segala persiapan wisuda ketika aku masih di jakarta. Say..., sekali lagi aku ucapkan terima kasih. .."..Blogging : My Activity.."..

Double-quoted string backslash escapes

Table Double-quoted string backslash escapes Construct Meaning \n Newline \r Return \t Tab \f Formfeed \b Backspace \a Bell \e Escape (ASCII escape character) \007 Any octal ASCII value (here, 007 = bell) \x7f Any hex ASCII value (here, 7f = delete) \cC A "control" character (here, Ctrl-C) \\ Backslash \" Double quote \l Lowercase next letter \L Lowercase all following letters until \E \u Uppercase next letter \U Uppercase all following letters until \E \Q Quote non-word characters by adding a backslash until \E \E End \L, \U, or \Q .."..Blogging : Programing.."..

Perl

Gambar
"Would you tell me, please, which way I ought to go from here?" "That depends a good deal on where you want to get to," said the Cat.

Mailer dengan Perl

Beberapa hari yang lalu ada temen tanya-tanya tentang mailer dengan Perl, Ehmm… untuk menjawab pertanyaan tersebut maka saya cuma bisa nunjukkan scriptnya seperti dibawah ini. #!/usr/bin/perl — use strict; my $mailFrom = ‘halim@umm.ac.id’; my $mailTo = ‘johan@umm.ac.id’; open MAIL,”/usr/sbin/sendmail -t”; print MAIL “FROM: $mailFrom \n”; print MAIL “TO: $mailTo\n”; print MAIL “Subject: Perl Memang Ok!\n”; print MAIL “MIME-Version: 1.0\n”; print MAIL “Content-type: text/plain; charset=ISO-2022-JP\n”; print MAIL “Content-Transfer-Encoding: 7bit\n”; print MAIL “——————————————————–\n”; print MAIL “Jangan Kaget, Aku cuma tes apa yang aku kasih tahu lewat YM tadi siang. From:johan \n”; print MAIL “——————————————————–\n”; close (MAIL); Dengan menggunkan script Perl yang sederhana diatas kita sudah bisa mengirimkan email dengan menggunakan sendmail tanpa melalui email clien. Karena langsung menggunakan sistem SMTP maka pengirim dapat memalsukan alamat emailnya my $mailFrom = ‘halim@umm.ac.id’;

Replikasi Mysql

Tulisan ini aku khususkan buat temenku kuliah yang bernama ipunk… Replikasi Mysql…?, mungkin bagi temenku yang satu ini en yang baru denger kata Replikasi Mysql kelihatan angker ya… Sepengetahuan saya replikasi mysql adalah proses penduplikasian atau pengkopian database dari database server satu kedatabse server lainnya, atau yang lebih kerennya sering diartikan sebagai proses penduplikasian database dari database master ke database slave yang berjalan secara otomatis. Ehm… sory aku gak bisa cerita panjang lebar dalam tulisan kali ini, soalnya kasihan tuh… udah ada yang gak sabar untuk mulai proses instalasi replikasi MySQL. Ya udah langsung aja ya…. Read More .."..Blogging : Networking.."..

J & L

Gambar
Foto kok miring -miring, Tapi gpp... Terima kasih ya... udah memotret aku he... he... he.... di kaosku ini ada noda apa ya... ?, Aku lupa noda apa yang telah tumpah di kaosku. Foto ini udah lama hilang en baru aku temuiin pagi ini, jadi lupa deh noda yang tumpah di kaosku.

PERL/CGI

Salah satu protokol gateway yang pertama diciptakan, dan tersukses, untuk menghubungkan web server dan aplikasi adalah Common Gateway Interface, atau CGI. Bagaimana cara kerja CGI? - Aplikasi CGI, yang berupa file skrip, ditaruh di lokasi direktori yang dapat diakses oleh web server. - Jika ada permintaan terhadap aplikasi dari klien, web server akan membaca skrip dan menjalankan program. - Web server memberi program ini masukan (termasuk masukan yang diberikan klien) dari masukan standar (stdin) serta beberapa environment variable. - Web server menunggu program berjalan hingga selesai lalu menangkap keluaran standar program (stdout).Keluaran inilah yang diberikan ke klien. Read More

Buka file di linux dengan windows…

Di www.osnews.com ada artikel yang berisi cara bagaimana kita bisa mengakses file sistem linux dengan gampang di windows (read/write). yang perlu kita lakukan hanya mendownload driver yang diperlukan dan installke windows kita. Berikut ini link website nya: http://www.fs-driver.org/index.html Dan untuk mendownload driver yang diperlukan:http://www.fs-driver.org/download/Ext2IFS_1_10a.exe Install driver ini ke windows, kemudian kita sudah bisa membaca tulisfile sistem linux kita. sudah saya coba dan berhasil dengan baik ok, semoga membantu ….

TCP COMPRESS

TCP COMPRESS…???.Ehmm… dulu sewaktu kita menggunakan disket, kita sering mendengar yang namanya compress file yang bertujuan untuk memampatkan ukuran file yang akan di simpan. TCP COMPRESS mirip dengan pengkompresan yang terjadi pada file diatas. namun kalo tcp kompres memampatkan ukuran file yang akan dilewatkan kedalam sebuah jaringan TCP/IP. Read More

Tutorial instalasi httpd-2.* + php-4.*

Tutorial ini berisi panduan instalasi webserver dengan menggunakan apache 2 (httpd-2*) dan dukungan php-4.*. Semua source di asumsikan ada di /usr/local/src, untuk mendapatkan source file http-2.* dan php-4.* dapat di download pada alamat website dibawah ini : * http://www.apache.org/dist/httpd/httpd-2.0.49.tar.gz * http://www.php.net/get/php-4.3.5.tar.gz/from/a/mirror * http://www.gnu.org/software/libiconv/ Instalasi paket aplikasi dari source code memerlukan beberapa persiapan yang harus diperhatikan. Setidaknya harus ada program yang digunakan untuk proses kompilasi Apache, seperti C/C++ dan file pendukung lainnya. Hal penting yang perlu diketahui dalam instalasi source code adalah penggunaan option-option pada saat tahap konfigurasi. Read More

Mari membuat jam digital dengan PERL

Gambar
Dalam belajar coding script perl kali ini, saya lagi belajar buat jam digital mengunakan scripting perl dengan bantuan GhostScript. Alamat dari GhostScript bisa diambil di http://www.phys.ufl.edu/ docs/goodies/unix/previewers/ghostscript.html Untuk memanggil script disamping : http://localhost/cgi-bin/digital.pl Udah dulu ya..., lain kali aku mau posting yang menggunakan library gd.

Kipas dari sacho...

Ehm... lumayan pagi-pagi udah dapet kipas dari sacho, kipasnya nya lumayan bagus sih.. Kipasnya berwarna hijau, en itu beli waktu di bangkok. Pokonya lumayan deh buat kipas-kipas di kosan.

Sesuatu di kolong meja

Gambar
Mangkanya... jangan keasikan kejar setoran.... Ndak nyadar khan kalo dah malem di kolong meja lo ada yang kayak begini?

Misteri Handuk en Kain pel...

Hari pertama kos, temen sebelah kamar kehilangan kain pel. namun aku hanya berpikir kalo kain pel nya jatuh dari lantai 2 karena tertiup angin.Hari kedua kos, sewaktu aku mau mandi di petang hari sehabis pulang kantor ternyata ganti handuk ku yang hilang. Sekarang aku mulai curiga, tidak mungkin kalo handukku juga ketiup angin, karena misalksan jatuh pasti ada di lantai satu,pikiranku mulai melayang dan berpikir yag bukan-bukan " Hadukku pasti di curi orang ", tapi kalo emang di curi, siapa pencurinya ?. Akhirnya aku batalkan mandiku, karena aku males kalo mandi tanpa handuk. Namun yang paling aneh setelah aku bangun tidurdi pagi hari dan buka pintu kamar kos, didepan ada lipatan kain handukku yang selama ini aku cari bserta kain pel kamar sebelah. Hal ini masih nyisain teka-teki bagiku, siapa yang ambil handukku ? dan siapa pula yang telah mengembalikan handukku ?

Pecah... berkeping - keping, untung hati cowok seperti air...!

Entah itu secara gak sengaja ngomong, ato emang di sengaja ngomong gitu ?Hubungan selama 2 tahun terasa gak berarti ketika aku dibandingkan dengan cowok lain. Enak ya... punya pacar Mr. X, Mending aku pacaran ama Mr. X Ego seorang kelakianku langsung keluar tatkala aku telah dibandingkandengan cowok lain dan secara tidak sadar telah memacu peredaran darah didalam tubuhkusemakin cepet yang membuat aku agak emosi. Aku sebagai lelaki harus tegas..., dan aku sebagai lelaki harus punya nyali untuk menyatakan"Hubungan kita berdua bakal dilanjutkan apa tidak ?". Aku takut hal ini terjadi lagi ketika sudah berumah tangga.

System Banget... Gitcu...Loh...

Nira...Nira...Nira... group, itu tepatnya untuk memanggil para member yang tergabung dalam project NIRA. kemarin sore Nira group belum ada yang pada pulang karena masih sibuk dengan permainan yang kadang mengasikkan dan kadang pula bikin kepala pucing (tiung...tiung...tiung), permaianan tersebut adalah REGEX. Saat para member yang tergabung dalam nira mau pulang, karena listrik yang sudah tidak mendukung lagi (Listrik di padamkan oleh pihak menara jamsostek) Ehmm... ternyata banyak suara saling bersautan, mungkin kalo orang nggak ngerti di kiraiin hantu, soalnya suara UPS terdegar seperti suara lumba-lumba di tengah lautan. Karena banyak UPS yang belum di matikan maka dengan rendah hati para nira group mematikan satu persatu UPS yang masih hidup. System banget gitcu lo..., hanya kata-kata itu yang terbesit dalam hati, soalnya udah beberapa hari sebeum pulang harus mematikan beberapa server dan UPS yang sedang hidup namun...bagi aku itu gak ada masalah, karena beberapa hari pulang agak

Pengertian Referensi

Referensi berarti penunjuk (pointer) ke sesuatu. Konsepnya sama dengan poiter pada bahasa Pascal atau C. Sesungguhnya, rerensi itu berisi alamat dari "sesuatu". Perl memiliki 6 jenis type referensi ke skalar, array, hash (array assosiatif), glob atau penangan berkas, fungsi, dan refensi lain. Tabel dibawah ini memperlihatkan cara membuat referensi untuk keenam tipe referensi dan cara melakukan derefrensi. Penugasan refernsi Cara dereferensi $ref_scalar = \$scalar; ${ref_skalar} atau $$ref_skalar Hasil: Nilai skalar $ref_array =\@array; @{$ref_array} atau @$ref_array Hasil: array $ref_hash =\%hash; %{hash} atau %$hash Hasil: hash $ref_glob =\*glob; *{$ref_glob} atau *$glob Hasil: penangan berkas $ref_fungsi =\&fungsi; &{$ref_fungsi} atau &$ref_fungsi Hasil: lokasi fungsi $ref_ref =\$ref; ${${$ref_ref}} atau $$$ref_ref Hasil: nilai skalar Tampak bahwa untuk membuat referensi, Anda perlu menambahkan tanda backslash di depan variabel (atau nilai yang akan direferensi

Simbol Yen

untuk membuat tanda currency yen (mata uang jepang) pada html, tag-nya adalah: tulis => &, kemudian => yen, kemudian => ;

Fungsi Rekursif

Fungsi rekursif adalah suatu fungsi yang di dalamnya terdapat pemanggilan fungsi tersebut. Atau dengan kata lain, suatu fungsi yang memanggil dirinya sendiri. Contoh paling mudah dari fungsi rekursif adalah fungsi FAKTORIAL.Dalam rumus matematika:n! = n (n-1)! Jika dinyatakan dalam kode pemrograman, kurang lebih seperti ini:faktorial(n) = n * faktorial(n-1) Di situ jelas terlihat bahwa di dalam fungsi faktorial(n) memanggil fungsi faktorial itu sendiri dengan memasukkan argumen (n-1). Dengan menggunakan visual basic, dapat dibuat fungsinya sebagai berikut: Function Faktorial(n As Byte) As Double If n <=1 Then Faktorial = 1 Else Faktorial = n * Faktorial(n-1) End If End Function

Menghitung jumlah panjang array.

Untuk menghitung panjang array bisa dilakukan dengan beberapa cara : - Dengan $lenght = @suhu; - Dengan $#suhu+1 #!/usr/bin/perl -- @suhu = (0,0,0,0,0,0,0); $lenght = @suhu; print "Ini menggunakan pendeklarasian = $lenght\" print "Ini tanpa menggunakan pendeklarasian = $#suhu\n"; -------------------------------------------------------------------------- Hasil dari print out satu : 7 Hasil dari print out dua : 6 Untuk mengatasi hal tersebut maka $#suhu+1 biar jumlah nya sama-sama 7.

Akses file sistem linux dengan windows

Di www.osnews.com ada artikel yang berisi cara bagaimana kita bisa mengakses file sistem linux dengan gampang di windows (read/write). yangperlu kita lakukan hanya mendownload driver yang diperlukan dan installke windows kita. Berikut ini link website nya: http://www.fs-driver.org/index.html Dan untuk mendownload driver yang diperlukan:http://www.fs-driver.org/download/Ext2IFS_1_10a.exe Install driver ini ke windows, kemudian kita sudah bisa membaca tulisfile sistem linux kita. sudah saya coba dan berhasil dengan baik ok, semoga membantu ....

Rencana bikin kejutan malah ketiban sial...

Ehm... Kejutan ini udah Q persiapkan seminggu sebelum hari ultah yayangku, dalam kejutan ini Q mengutus sobat karib untuk memberikan coklat yang paling istimewa yang ada di kota malang dan setangkai mawar. Pukul 24:00 Q lekas bangun en telp yayangku, Q en yayangku dalam komunikasi di telp sangat hangat sekali en mesra gitchu... Karena Q en yayangku ngobrol di telp lama banget sanpai larut malam, maka paginya yayangku Q suruh bangunin biar Q kagak telat masuk kantor. Pukul 5 pagi HP berdering, en ternyata bener... yayangku bangunin Q. Kemudian Q lekas bangun, sholat kemudian mandi en berangkat kekantor. Dikantor Q di kabari sobat karibku, kalo HP nya baru di copet orang, mendengar itu Q agak sedih juga en kasihan dan anaknya beri Q kabar kalo coklat en bunga mawar akan di berikan agak sorean setelah ngurus pemblokiran kartu di telkom. Tidak beberapa lama setelah Q mendengar kabar dari sobatku datanglah sms dari yayangku yang isinya sangat bikin Q bingung. Sms pertama berisi “ JOHAN JAH

Salah... Paham... Kah ?

Gambar
Ehm... siang hari yang panas dapet SMS yang sangat mengejutkan, pikiran langsung melayang, coding gak bisa konsen, makan apa lagi... Padahal semalam bermesraan, eh siang dapat badai he... he... he... Tapi gpp deh, semua itu aku ambil hikmahnya, siapa tahu dibalik semua itu ada hal-hal yang sangat berharga.

Iseng...iseng belajar corel

Gambar
Ehm... seharian coding bikin pusing juga, untuk hilangin pusing aku coba-coba belajar corel. object pertama yang aku pilih adalah yayangku... soale kalo udah lihat dia, rasa kangen bisa di kurangi deh.

Makan Malam di Pak Maneng

Gambar
Ehm... Foto ini aku diambil pada waktu makam malam bersama di pak maneng, Udah lama juga nggak ngerasaiin ayam gorengnya pak maneng.

Ehm... inikah rasanya

Sambil menunggu rekan-rekan kantor yang lain pada pulang aku iseng-iseng mengisi blog, hal ini aku lakuin karena aku BT untuk nunggu mematikan beberapa server sebelum pulang. Q pulang terakhir karena Q diserahin kunci kantor oleh atasan. Waktu aku serius isi blog en terkadang pikiran melayang ke kenangan 2 tahun yang lalu tiba-tiba sacho (Sebutan Dirut bagi orang jepang) datang dari belakang en ikut baca blogku. Ehm... malu juga rasanya ketika blogku yang bertitle moment 2 tahun yang lalu dibaca oleh sacho, apalagi bacanya di sampingku. Aku rasanya pigin matikan komputer saja andaikan oleh sacho boleh. Untung sacho belum mengerti banyak tentang bahasa indonesia plesetan, so... sacho cuma ngerti isi dari sebagian blokku. ketika sacho tanya foto yang di samping fotoku " Pak johan, Siapa ini ?" aku hanyabisa tersenyum en memerahkan wajah saja...

Moment 2 tahun yang lalu...

Gambar
Ehm... lucu juga rasanya kalo ingat waktu nembak, gak butuh waktu lama, gak butuh bosa basi, gak butuh mak jomblang en gak butuh rayuan gombal. Apa ini ya... yang dinamakan keberuntungan ? aku gak tahu deh... pokonya yang aku inget 2 tahun yang lalu hanyalah keberanian untuk mengungkapan dan menumpahkan segala uneg-unegku yang ada di kepala. Emang sih..., agak malu-malu mau... Sayangku... semoga di kau sabar dalam menungguku di kota dingin en sejuk yang jauh dari hiruk pikunya jakarta. Mungkin sewaktu kita dulu sekampus dan sekantor aku merasa bahwa kita belum begitu dewasa, kita masih sering terbawa oleh emosi masing-masing semoga di usia kita jalan barengtepatnya 2 tahun kita bisa lebih dewasa dalam menjalani hidup ini sehingga kita bisa meraih segala yang kita cita-citakan, hidup bersama dengan penuh damai dan di kelilingi aura cinta.

Hari pertama tidur kos baru...

Hari minggu yang sangat melelahkan...!, Setelah beres-beres kosan lama dan tanpa istirahat Q langsung cabut ke kos baru. Waktu pergi ke kos baru Q di antar ama mbak erni (anak no 2 bu kos...) en ibu kos ku yang cerewetnya minta ampun ( Cerewet tapi baik hati ...). Selama perjalanan di dalam taxy, kuping kadang terasa dingin en terkadang terasa panas hal ini disebabkan oleh beberapa omongan dari 2 wanita yang sok tahu...