i-Rig Pre untuk keperluan live radio streaming

Beberapa klien arenastraming.com japri saya melalui Whastapp terkait live radio streaming menggunakan HP Android, secara teknikal live stream menggunakan android saat ini sudah bisa di lakukan karena beberapa vendor juga sudah mengeluarkan aplikasi encoder berbasis Android yang bisa mendukung server streaming (Icecast Server atau Shoutcast Server).

Kalo cuma mutar lagu dan stream ke icecast server melalui android mudah banget, karena kita tinggal pilih lagu yang ada di local storage android dan seting encoder untuk bitratenya..., namun kalo untuk keperluan live interview menggunakan HP android dan kemudian langsung di streamingin..., saya sarankan menggunakan iRig Pre agar kualitas audio yang di hasilkan bagus. Dengan iRig Pre selain untuk live siaran radio, kamu juga bisa menggunakan alat ini untuk keperluan recording menggunakan smartphone kamu, jadi kamu tidak perlu membawa mixer segede gaban :).


Rekam menggunakan iRig Pre


Jika kamu sering melakukan rekaman di luar studio, kamu bisa menggunakan iRig Pre, selain sangat simple karena ukurannya yang kecil, audio yang di hasilkannya pun masih terdengar pro. Untuk melakukan ini kamu cuma butuh mikrofon XLR, headset, dan aplikasi untuk melakukan rekaman (biasanya jenis aplikasi ini sudah tersedia secara default dismartphone kamu.)

IK Multimedia selaku pembuat iRig Pre merekomendasikan aplikasi untuk rekam adalah:

  • iRig Recorder

  • EZ Voice




 

Komentar

golpino mengatakan…
thanks for the information!!!